Archive for the Category 'Tahu & Tempe [Tofu & Tempe]'

Tahu Kecap

Tuesday, January 22nd, 2008



Bahan :

  • 1 buah tahu putih (frisch), potong menjadi 6 bagian (5×5x2cm)
  • 1 sdt kecap inggris (waktu itu aku ngga ada jadi pake citrone)
  • 1 sdm kecap manis
  • 1 sdt kecap asin
  • 1/4 sdt gula merah
  • garam secukupnya
  • 1/2 bawang bombay, rajang
  • 3 siung bawang putih, iris
  • 50 ml air
  • 2 sdm mentega untuk menumis

Cara Membuat :

  1. Goreng tahu 1/2 matang, sisihkan
  2. Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum, dengan api sedang
  3. Tuangi air, didihkan dengan api kecil
  4. Masukkan tahu dan semua sisa bahan, aduk sampai kuah tinggal sedikit meresap
  5. Angkat, sajikan hangat

Batagor

Tuesday, January 22nd, 2008

Hmm…kangen sama Batagor, jadi inget si Emang yang jual batagor kalo sore lewat depan rumah, sayang sekali disini ngga ada yang jual, mo ga mo gue kudu bikin sendiri…




Bahan :

  • Tahu (gue make tahu putih frisch 2 block)
  • 300 gram ikan lachs (pake daging ayam filet juga bisa)
  • 200 gram udang
  • 2 sdm tepung kanji
  • 1 butir telur ayam
  • 2 batang daun seledri, rajang halus
  • 1 sdt minyak wijen
  • 4 butir bawang merah, rajang halus
  • 2 butir bawang putih, rajang halus
  • Merica bubuk secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng
  • Saos Kacang (gue pake yang sudah jadi dari satee sauce ‘Asia’)

Adonan pencelup:
2 sdm tepung beras dengan 2 sdm air

Cara Membuat:

  1. Potong tahu menjadi bentuk segitiga, keruk tengahnya sehingga terbentuk ruang
  2. Giling ikan, udang, dan campurkan kerukan tahu sampe halus
  3. Masukkan telor dan tepung kanji, aduk sampai rata
  4. Tambahkan garam, merica, seledri dan minyak wijen, lanjutkan aduk sampai rata
  5. Masukkan adonan ke dalam tahu, kemudian kemudian celupkan tahu ke dalam adonan pencelup
  6. Goreng sampai warna kecoklatan (bisa menggunakan Friteusse/Deep Fryer dengan setting suhu 160°C)
  7. Untuk saos kacangnya, tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum, masukkan saos kacang kemudian aduk rata sampai keliatan cukup bagus :D
  8. Penyajiannya, bisa didampingi dengan potongan telur rebus dan gurken (mentimun)